Kamis, 15 Agustus 2013

Manajemen Waktu

Pengelolaan waktu (time management) adalah ihwal bagaimana mengorganisasikan diri anda sendiri agar bias memanfaatkan sebaik mungkin waktu anda dan menjadi lebih efektif. Pada satu sisi ekstrim, mungkin saja kita mencurahkan waktu yang banyak, mengerjakan sesuatu secara tidak bertujuan dari satu subjek ke subjek lainnya, tetapi hanya menghasilkan kemajuan yang kecil. Pada sisi ekstrim lainnya, anda dapat bekerja dengan waktu yang singkat, tetapi dengan bekerja secara lebih bertujuan adna dapat menyelesaikan tugas secara tepat waktu dan efisien.
Tidak ada satu cara tunggal dalam pengelolaan waktu yang terbaik dan dapat menyelesaikan semua siatusi belajar. Yang utama adalah mencobakan cara yang sesuai pola kerja anda sendiri, kemudian mencocokannya sampai anda merasa lebih nyaman (comfortable) menggunakannya dan bekerja baik bagi diri anda.
Berikut di kemukakan beberapa petunjuk pengelolaan waktu yang dapat dicobakan:
1. Perencanaan adalah hal penting yang harus dilakukan jika anda dihadapkan pada tugas yang harus diselesaikanpada waktu yang terbatas, seperti dalam membuat tugas PR mengarang, membuat laporan, dan sebagainya.
2. Jika anda dihadapkan pada tugas-tugas yang banyak dan/atau sulit, usahakanlah memecah-mecah atau menguraikan tugas-tugas menjadi sub-sub tugas yang lebih memungkinkan untuk dapat dikelola
3. Hindari membuang-buang waktu dengan aktivitas tidak produktif. Sebagai
contoh, ketika diberikan suatu daftar bacaan, adalah lebih baik menyeleksi bagian-bagian mana yang perlu anda baca, ketimbang secara serta-merta berusaha membaca setiap halaman dalam buku. Di samping itu, disarankan agar tidak menghabiskan waktu sore untuk menulis ulang catatan yang anda sudah buat pada saat mengikuti pelajaran di sekolah pagi harinya.
4. Anda hendaknya mencurahkan konsentrasi penuh anda untuk
melaksanakan tugas pada jam-jam di mana biasanya anda berada pada energy puncak anda. Pada kebanyakan orang, saat seperti ini terjadi selama akhir pagi sekitar jam 10.30-12.30.
Cobakan pola kerja anda dengan berbagai teknik pengelolaan waktu hingga anda menemukan pola yang paling cocok untuk diri anda. Sebagai contoh,jika anda hanya memiliki waktu 20 menit untuk bekerja, berusahalah mengerjakan yang dapat diselesaikan dalam 20 menit itu, daripada mencoba mengerjakan tugas yang banyak yang tidak mungkin dapat diselesaikan. Akhirnya, rawatlah diri anda sendiri berikan diri anda cukup waktu istirahat dan berilah reward diri anda ketika anda telah berhasil merampungkan suatu tugas.

MANAJEMEN WAKTU BELAJAR

Pengembangan keterampilan manajemen waktu bagaikan suatu perjalanan yang mungkin dimulai dengan Petunjuk ini, namun membutuhkan praktik dan bimbingan orang lain sepanjang jalan.

Satu tujuan pokok, yaitu membantu diri kamu sendiri menjadi lebih menyadari bagaimana kamu harus memanfaatkan waktu sebagai suatu sumber dalam mengorganisasi, membuat prioritas, dan menjalani dengan sukses studi anda,dalam konteks aktivitas kompitisi dengan teman, pekerjaan, keluarga, dsb

Pertama: cobalah praktikkan latihan dalam manajemen waktu

Berikut dikemukakan beberapa strategi dalam menggunakan waktu:
1. Kembangkan batas waktu belajar
Sekitar 50 menit? Berapa lama itu berlangsung sampai kamu
menjadi gelisah?
2. Beberapa siswa membutuhkan lebih banyak istirahat karena berbagai alasan
Materi yang lebih sulit mungkin juga membutuhkan lebih sering
istirahat.
3. Review dan perbaharui skedul mingguan
Prioritaskan tugas-tugas pokok
Ketika belajar, jadikan kebiasaan memulai dari subjek atau tugas yang paling sulit
4. Kembangkan alternative tempat belajar yang bebas dari gangguan untuk memaksimalkan konsentrasi
5. Manfaatkan "waktu mati ( dead time")?
Pikirkan untuk menggunakan jalan-jalan, bepergian, dan sebagainya untuk belajar sedikit demi sedikit
6. Review belajar dan bacaan kamu sevekum masuk kelas
7. Review materi pelajaran segera setelah keluar kelas (Lupa paling besar terjadi dalam 24 jam tanpa review)
8. Buat jadwal kegiatan untuk peristiwa-peristiwa kritis: penyusunan makalah, presentasi, ujian, dan sebagainya
9. Kembangkan kriteria untuk menyesuaikan skedul kamu dengan kebutuhan baik akademik maupun non-akademik

Alat bantu yang efektif dalam mengelola waktu, antara lain:

1. Daftar Kegiatan yang Harus Dilakukan ("To Do" list)
Tulislah hal-hal yang harus kamu lakukan,kemudian putuskan apa yang akan dilakukan pada saat ini, apa yang dijadwalkan berikutnya, apa yang diserahkan pada orang
untuk menyelesaikannya, dan apa yang dapat ditangguhkan untuk priode berikutnya
2. Rencana harian/mingguan (Daily/weekly planner)
a. Tulis janji, jadwal mata pelajaran, dan pertemuan-pertemuan pada buku catatan kronologis
b. jika kamu lebih bertipe visual, buatlah sketsa tetang jadwal kamu
c. Hal pertama yang dilakukan di pagi hari, mengecek apa yang didahulukan hari ini.
d. Sebelum tidur, selalulah mengetahui apa yang perlu disiapkan untuk esok harinya.
3. Rencana Jangka Panjang (Long term planner)
a. Gunakan daftar rencana bulanan yang memungkinkan kamu dapat merencanakan terlebih dahulu
b. Perencanaan jangka panjang juga akan berfungsi sebagai pengingat untuk secara konstruktif merencanakan waktu bagi diri sendiri.

Sumber: Abdullah Pandang. 2012-2013. Manajemen Waktu Belajar. UPT Layanan Konseling dan Psikologi Mahasiswa Universitas Negeri Makassar

0 komentar:

Posting Komentar